Asal usul Hotpot

Updated: Mar 15, 2021


Pencinta hotpot mana suaranya.. Kalo ada pilihan, misalnya disuruh memilih Shaburi atau Kintan? Rebus-rebusan atau bakar? 🥘🥓


Kalo aku, geng rebusan. Kenapa? Jawabannya sesederhana ini, tinggal celup, diemin, mateng. Sendokin ke mangkok, makan, jaminan mateng tanpa perlu khawatir gosong, pun kelamaan rebus juga tetap gak papa dan aman saja untuk dimakan. Tapi kan masing-masing orang beda.

Tulis yah dikolom komentar, kalian team apa dan berikan alasannya. Aku pengen tau banget, nggak cuman ajah.


Jadi, Rabu ini, 10.03.2021, aku mampir makan di Hot Pot Mongolian, Kubhilai Khan di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, sering sekali kami tuh lewatin resto ini tapi nda pernah mampir. Finally, akhirnya kesampaian juga lah kami nyicip makanan mongolian tuh macam apa rasanya.


Ternyata saudara sekalian, menarik sekali, pas masuk ke resto terpampang itu didinsing gambar Kublai Khan pake GEDE BANGET. Pada paham nggak dia sapa? Bagi penggemar sejarah China pasti paham ceritanya, klo penggemar film India, ini kagak ada hubungannya yah ama Aamir Khan dan Shah Rukh Khan.


Aku ceritain deh dikit.. 😊


Kerajaan Mongolia pada abad ke-13 dan ke-14 adalah salah satu kerajaan yang sangat besar. Salah satu cara hidup orang Mongolia adalah no maden, mereka sering berpindah-pindah. Mongolian tinggal didalam sebuah tenda besar, semi permanen yang disebut Yurt. Mereka dituntut untuk bisa terampil dalam berburu dan juga berperang, salah satu yang paling aku ingat sekali tuh yah karena kemampuan skill mereka menyerang dan memanah dalam formasi berkuda menjadikan mereka lebih unggul melawan tentara China.


Kublai Khan adalah jendral perang terbaik Mongolia dan merupakan cucu dari Genghis Khan. Dia adalah kaisar ke-5 dari dinasti Yuan di Mongolia. Akhirnya, cita-cita Genghis Khan menaklukkan China terwujud pada tahun 1297, Kublai Khan menjadi kaisar pertama dinasti Yuan di China. Oh yah, kalau kalian pernah dengar cerita Marco Polo, pedagang dan penjelajah berasal dari Venesia, Italia, yang pernah menyusuri jalur sutera. Ketika Marco Polo melalui Asia, tiba di China dan bertemu dengan Kubilai Khan.


Sejarah tentang hotpot dari China konon berasal dari bangsa Mongolia. Lebih dari 1000 tahun yang lalu, para prajurit Mongolia melakukan invasi besar-besaran ke China. Agar mobilisaasi menjadi lebih mudah, mereka memutuskan tidak membawa banyak barang, seperti bekal makanan dan peralatan memasak. Suatu hari, saat menyebrangi tembok China, para prajurit Mongolia yang menunggangi kuda terkepung. Ruang gerak mereka terbatas. Tanpa ada bekal makanan dan peralatan memasak maka mereka pun kelaparan. Tidak kehabisan akal, dengan kreatif dan inovatif (istilah zaman NOWnya) mereka memutuskan merebus air dalam topi baja dan digunakan untuk memasak sayuran dan potongan daging hasil buruan.


Namun, menurut cerita lainnya, yang ini ada di Restaurant Khubilai Khan, Jalan Panjang, Kebon Jeruk. (Yuk mampir kak, mereka punya ramuan saos 7 rahasia resep yang digunakan Kublai Khan).


Begini ceritanya.. Pada suatu hari...

Kublai Khan yang pergi berperang selama bertahun-tahun terkenang dengan kampung halamannya, Mongolia, yang memiliki padang rumput dan penghasil daging domba yang segar. Juru masak segera menyembelih beberapa ekor domba untuk menyajikan makanan special untuk Kublai Khan. Namun ternyata, seorang prajurit datang melapor bahwa pasukan musuh sudah datang menyerang. Tampaknya tidak keburu untuk menghidangkan masakan daging domba. Kublai Khan sungguh tidak sabar untuk menyantapnya. Dalam situasi genting, seorang juru masak mendapatkan ide. Idenya adalah memilih bagian daging paling bagus, diiris tipis dan dicelupkan air mendidih sebentar (yah, sebentar banget 10 detik aja yah) lalu diangkat dan dimasukkan kedalam mangkok dengan garam dan saos penyedap. Kublai Khan yang sudah kelaparan melahapnya dengan cepat. Setelah itu Kublai Khan naik kuda dan pergi menghadapi serangan musuh dengan penuh semangat. KEMENANGAN ini dirayakan Kublai Khan dengan memberikan hadiah kepada juru masak yang cerdik dan menamakan masakan ini adalah Hot Pot Mongolia.


Nah, demikian ceritanya yah, semoga menambah wawasan kalian yah Gaes. Sekalian ini aku nulis beberapa referensi restauran hot pot yang menurut aku yah, lumayan lah yah, mungkin kalau kalian mau coba, monggo silahkan yah. Tidak diurutkan berdasarkan popularitas, enak atau apa lah hanya semata-mata karena seingetnya aku saja. Oh yah, ini bukan endorse juga yah kak! Kebanyakan ada pada mall di Jakarta, silahkan langsung Googling aja, lokasi terdekat dan tempat hangout terbaiiik mu. Satu lagi, buat teman-teman Muslim, sebaiknya sebelum masuk, tanyakan terlebih dahulu kepada pihak resto apakah Halal, karena pengalaman pribadi beberapa dari mereka menyajikan menu pork. Udah gitu aja. Enjoy kak!


  1. Shaburi, All you can eat.

  2. Ita-suki, ala carte

  3. Haidilao Hot Pot

  4. Chongqing Liuyishou Hotpot

  5. Hanamasa, All you can eat

  6. Mo-Mo Paradise, All you can eat

  7. Little Sheep Hot Pot

  8. Eight Treasures

  9. Bar.B.Q.Plaza

  10. Shabu-Shabu Express

  11. Raa Cha

  12. Hay Thien


Kalau kalian ada informasi lainnya, silahkan kasih komentar dibawah yah, supaya wawasan kita semua bertambah luas.


Terima kasih, thank you very much.


Foto source :

https://www.freepik.com/premium-photo/hand-holding-chopsticks-with-ripe-kurobuta-pork-shabu-shabu-sukiyaki-hot-pot-food-concept-with-gourmet-japanese-hot-pot-cuisine_9187478.htm


25 views0 comments

Recent Posts

See All