Featherdale Wildlife Park @ Sydney

Updated: Mar 15, 2021


Akhirnya… kesampean juga mengunjungi binatang khas Australia… Ini bukan pertama kalinya aku ke OZ tapi ini pertama kalinya ketemu ama kanguru, sebelumnya cuman kesampean poto ama patung doank.. kasihan amat aku yah…


Tempat ini berupa taman yang menampung binatang khas Oz.. Pertama kali masuk ketemu ama Wombat.. haduh.. lucu banget, apalagi liat dia dengan begitu konsentrasinya menunduk dan makan 🙂 Diriku bukanlah pencinta binatang.. namun melihat koala hatiku luluh juga, ternyata tak hanya lucu dipandang namun bulunya lebih enak dipegang.. halus.. lembut.. Terus, yang bakalan jadi keanngan sepanjang masa adalah aku dicium ama wallaby, jenis kanguru yang kecil.. sesuatu yang luar biasa.. aku seneng gitu pamer ke orang2… padahal behind the scene aku udah tereak2 pas dia pegang2 tangan aku…


Bicara mengenai binatang khas, Oz ada beberapa hal yang aku baru tau..


1. Kangaroo

Wallaby


Jadi ketika orang Inggris, sebagai bangsa pendatang karena belum pernah melihat binatang ini, mereka bertanya ke penduduk lokal (suku Abrorigin), ini binatang apa? karena ye, kali orang Aborigin paham bahasa Inggris yah kan.. secara kite aje belajar English kan disekolahan, maka terjadilah percakapan gak nyambung. Terus orang lokalnya jawab, "Kangaroo" artinya, saya tidak mengerti apa maksud ucapan anda… oooo, Kanguru, (gitu kali yee.. ) Akhirnya mereka menyimpulkan namanya jadi kanguru.. 


Selain itu aku baru tau beberapa hal unik tentang Kaguru :

  1. Bayi kanguru itu kecil banget, BANGET! ukurannya cuman 1.5cm, terus dalam masa perkembangan ada didalam kantong induknya.

  2. Kanguru yang sudah berumur 1 – 3 tahun mereka suka latihan tinju2an.

  3. Kanguru punya ekor yang panjang dan kuat, untuk menjadi penyeimbang ketika mereka lompat2.. dan hati2 loh, ekornya itu bisa dipake untuk menghantam musuhnya..

  4. Ada lagi… kalo pas di high way atau jalan kita bisa nemuin plang warna kuning dan gambar kanguru, artinya hati2 ada kanguru yang lewat. Yah, memang pemerintah mereka concern banget dengan populasi binatang dan kelangsungan hidupnya.. Iiih… jadi pengen banding2in ama pemerintah Indo deh, Harimau Sumatera, Orang Utan di Kalimantan yang diem2 dihutan ajah dihabisin.. setelah itu baru panik.. sekarang mulai sibuk ama WWF ngadain 75 project..

2. Koala


Nah… yang ini hidupnya paling enak deh.. bayangkan saja 80% dari hidupnya dipake untuk tidur… Enak yah.. Tapi gak boleh iri.. hati2 ntar kedenger ama Tuhan dikabulin loh jadi koala 🙂 Seumur hidupnya, koala nda pernah minum. Mereka makan pucuk daun Eucalyptus (sebangsa ama minyak kayu putih deh…) yang sudah mengandung banyak air.. makanya badan mereka tuh aromanya.. uhuuuy.. tidak sedap, walaupun lucu. Oh yah, lucu yah setelah diperhatikan, kalau kanguru menyimpan dan mengendong anaknya dari depan, kalo koala mengendong anaknya dari punggung.. ah, mereka bisa ajah yah..


Masih ada beberapa binatang khas lainnya kayak Tazmania Devil, Dingo – anjing kesayangan suku Aborigin, platypus, echidna… Kalau sampe segitu niatnya aku liat dan nulis untuk binatang dinegeri orang.. Gimana untuk yang di Indonesia sendiri yah? hehe… jawabannya teakhir aku ke kebon binatang pas 17 Agustus 2007 ke Ragunan, Jakarta. Dan itu juga untuk pertama kalinya aku tau bahwa pusat penelitian Primata terbesar didunia ada disini.. yah, kita bisa menemukan banyak macem monyet, orang utan dan lain2nya..


Nice experience playing with pets… I think they are cute.. Lovely..

Kayaknya diriku mulai tertarik ama binatang.




13 views0 comments

Recent Posts

See All