The Blue Mountains

Updated: May 5, 2021



Pas pertama kali denger Blue Mountains yang ada diotak aku apa hubungannya yah ama website Free Online Greeting Cards, dan tersohor dengan image dan kata indah didalamnya. Ternyata nda ada hubungannya..


Blue Mountains adalah Taman Nasional yang berada pada barat Sydney, kota Katoomba dan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2000. Dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut.


Namanya Blue Mountains karena yang sesungguhnya terjadi adalah hamparan dari pohon Eucalyptus yang terkena sinar matahari memantulkan cahaya ultraviolet, sehingga yang ditangkap mata kita menjadi biru.


Satu hal lagi yang aku baru tau.. kenapa Australi rawan banget dengan yang namanya kebakaran hutan.. ini erat hubungannya dengan tanaman Eucalyptus. Pucuk daun Eucalyptus mengandung minyak sehingga jika terbakar maka akan semakin menjadi2.. nyamber ke pohon lainnya yang juga ada minyak.. sekejap, habislah sudah.. (Penyebab kebakaran : karena cuaca yang sangat panas dan kering, puntung rokok yang belum mati bisa berpotensi menyebabkan kebakaran hutan)


Blue Mountain with Background 3 Sister


Hal menarik lainnya adalah cerita mengenai Legenda 3 Sister, namanya Meehni, Wimlah dan Gunnedoo. Mereka adalah suku Dharuk. 3 gadis menyukai 3 pria dalam suku yang sama, padahal sudah jelas dalam hukum adat, mereka tidak boleh menikah. Karena besar rasa cinta pemuda ini, mereka berencana mengadakan perang untuk mendapatkan gadis pujaannya.


Ayah 3 gadis tadi memanggil seorang dukun untuk mengubah mereka menjadi batu, tujuannya setelah nanti berperang baru dikembalikan lagi menjadi manusia.. namun yang namanya dukun, jagonya nyihir bukan berperang – dalam pertempuran itu dia gugur dan hasilnya? nda ada yang bisa mengembalikan mereka menjadi manusia kembali.. TRAGIS! Jadilah mereka batu yang sekarang sangat dikenal dengan icon 3 Sister, dimana view terbaiknya dapat kita foto dari Echo point.(disinilah aku menyadari penuh, mengapa untuk setiap hal yang kita lakukan perlu ada manual guide.. dan butuh BCM, Business Continuity Management - huahahahaha 🙂 )


Kami juga menyempatkan diri untuk melakukan napak tilas dalam kawasan ini dan menggunakan Sneic railway, dengan kemiringan mencapai 52 derajat. Ini adalah rekor railway paling curam didunia. Seru banget, waktu itu aku, c Lisa dan Edi duduknya paling depan.. Pulangnya menggunakan track lainnya yaitu naek cable car sekaligus melihat pohon-pohon yang indah sekali, terlihat juga beberapa air terjun.


Andaikan.. pemerintah Indo juga niat membangun tempat wisata dan segala fasillitasnya.. yakin banget deh, negeriku pasti nggak kalah indahnya.. termasuk menjaga kebersihan alam agar  jangan nemu botol aqua, bekas permen dan puntung rokok ditengah hutan.. Nampaknya proses ini membutuhkan waktu yang masih lama… haayooo Indonesia..















8 views0 comments

Recent Posts

See All