main·te·nance

Updated: Mar 16, 2021



Kejadian ini terjadi saat aku masih kuliah di BiNus.. semua tau BiNus kan yah… kalian gak gaul klo nda tau.. Universitas Bina Nusantara


Kejadiannya siang hari.. di Haji Senin, (jangan tanya aku, kenapa gak Selasa, Rabu, Kamis dan hari lainnya) waktu itu aku mau kuliah dikampus Syahdan.


Sering sekali aku mengatakan bahwa aku ini orangnya gak hanya  SKSD (Sok kenal sok dekat), tapi.. aku menyadari bahwa aku ini sering kali GKSD Palapa (Gak kenal sok dekat padahal tidak tahu apa-apa).. aku tahu, ini warisan dari papa.. bagiku, SKSD = ramah (TAPI… dalam koridor normal yeee) adalah hal yang bisa kita lakukan, contoh  menyapa orang dikantor, mau kenal mau kagak… senyum, ucapkan, selamat pagi.. be nice to everybody.. 


Ini adalah hal yang aku pelajari ketika dulu aku sekolah di Yogyakarta. Setiap kali ketemu orang, mulai dari tukang becak, tukang siomay, tukang bakso, pak haji, tukang rujak.. semuanya.. Sepanjang jalan Lempuyangan ke dr Sutomo.. (deket kok.. jalan kaki 15 menit saja pun). Selama perjalanan kita saling sapa dan tersenyum.


Mengapa demikian? karena senyum itu tidak mengeluarkan biaya.. Membuat hati kita jadi lebih bahagia, orang yang melihatnya menjadi senang.. nah kenapa nggak… apalagi aku sering dapat berkat dari pak Haji, mangga dari pohon, tambahan bonus bakso, siomay menyenangkan!


Okeh… sekarang balik lagi ke kampus Syahdan… Saya, anak baru waktu itu, belum ada 1 tahun pindah ke Jakarta sering dianggap aneh karena suka menyapa, senyum sampai dikomentarin ama temen kuliah… “Elu kenape seh Tiek, udah gak usah begitu… kalau mau lewat mah lewat ajah, gak usah nunduk2 pake permisi… ini bukan jalan mereka..” heemmm, baeklah.


Siang itu… panas banget, sungguh panas! Jam 12 siang.. mati lampu lagi.. (ralat.. mati listrik.. gak cuman lampu, kipas angin, TV, semuanya…) ternyata memang hari ini waktunya pemadaman bergilir. Aku keluar dari kost, dengan hati yang riang gembira dan ceria, seolah tak mau kalah sama matahari.. aku melihat ada petugas PLN lagi naek tangga terus benerin gardu listrik..


Lalu percakapan dimulai…

Tiek : Selamat siang, Bapak lagi ngapain…

Tukang PLN : Nengok kebawah, menatapku, dia memasang tampang bingung lalu dia menjawab.. Kamu liat ajah saya memangnya lagi ngapain


Tiek : oow Bapak lagi maintenance yah

PLN : Enaak ajah! Saya lagi kerja.. sambil memasang mimik muka bete


Tiek : nah loh… (didalam hati dan pikiran… kenapa galak begitu Pak.. yah, biasa saja dong… bales apaa neh..) lalu aku menjawab si Bapak… “ooooo, baiklah, selamat bekerja Pak, hati2 yah. Terima kasih yah..”

PLN : “Iyah. Terima kasih juga. Saya kerja mbak, gak maen tenes” dengan muka datar


maintenance

Tiek : (again, didalam hati… HAH, siapa yang bilang dia maen tenes… oh Mai God! Aku gak bisa menahan diri tersenyum, mau ngakak seh… maintenance jadi maen tenes) “Daaa Bapak, aku lambaikan tangan dan tersenyum… Bapaknya membalas dengan senyum datar… (aku lagi gak mau membahas, jadi kuputuskan… aku pergi dan ceritaaaa ini ke temen2 dikampus…)


Aaaaah…. gitu tuh, kadang kita sering banget gak jelas dalam berkomunikasi. 

Orang ngomong apa, kita nangkepnya apa.


Apalagi aku kan punya kebiasaan jelek, mudah sekali terinterupsi. Jadi sering banget jaka sembung.. (gak nyambung). Dan ini ilmu dari yayang aku… sering sekali kita tanpa sadar memasang telinga kita untuk mendengar apa yang ingin kita dengar, melihat apa yang ingin kita lihat.. Akibatnya, kita sering salah… penting dalam berkomunikasi kita mendengarkan dengan baik.. (Tiek, mendengarkan <> mendengar) dan tidak berasumsi.. menahan diri dalam komunikasi.. tahu kapan mendengarkan, kapan interupsi, kapan ngomong… termasuk seberapa besar suara kita, intonasi, bahasa tubuh… hehehe… ternyata yah… ternyata… aku kudu belajar banyak tata cara ngomong


Siaaaplah… mari kita sama2 memperbaiki diri.. ini adalah proses perbaikan yang harus dilakukan seumur hidup.. selama kita hidup, kita masih akan terus berkomunikasi dengan orang lain…

Katanya yayang aku, miss yang paling tidak keren sedunia adalah… miss communication..

Aku setuju.. Kamu?


*Kenapa jadi berat banget neh tulisan.. hahaha, kan niatnya mau lucu2an…  😛

4 views0 comments

Recent Posts

See All