Prebiotik dan Probiotik

Updated: May 6, 2021



Pagi ini aku nonton BBC Knowledge, baru nyadar ternyata yah.. makanan yang kita makan itu banyak ajah bakterinya.. Demikian juga dengan usus.. ih, jorok banget deh..


Memang aku udah tau klo ada bakteri yang baik dan yang jahat.. Yang aku tau klo kita rajin minum Yakult, Yoghurt, selain rasanya yang enak, juga akan memperbanyak bakteri baik.


“Sistem pencernaan merupakan bagian dari sistem imun manusia, dengan 80% sistem imun manusia berada dalam saluran cerna. Sebagian besar penyakit juga masuk dari sistem pencernaan. Itu sebabnya keseimbangan flora dalam usus harus dijaga,”dr Ari Fahrial Syam, konsultan lambung dan pencernaan dari RS.MH.Thamrin, Jakarta.


Bedanya Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik ?

Ternyata jawabannya beda banget 🙂 secara singkat dapat dijelaskan sbb:

Probiotik : Bakteri yang baik

Prebiotik : Nutrisi/ makanan untuk Probiotik

Sinbiotik : kombinasi Probiotik dan Prebiotik sehingga dapat meningkatkan imunitas bagi kita

Probiotik

adalah nama lain untuk bakteri yang baik. Bakteri yang baik ini jumlahnya banyak banget bisa jutaan sampe miliaran didalam usus kita. Jangan khawatir dengan kelebihan bakteri baik, jika kebanyakan maka dia akan terbuang dalam kotoran kita. Salah satu misi mulianya adalah membuat antibiotik alami sebagai imun (daya tahan tubuh). Jenis bakteri yang termasuk Probiotik adalah Bifidobacterium dan Lactobacillus.


Prebiotik

adalah nutrisi untuk Probiotik (Bakteri Baik), namun jangan khawatir ini hanya akan menjadi makanan untuk bakteri yang baik, yang jahat nda ikutan makan. Prebiotik secara alami terdapat pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Prebiotik merupakan kelompok oligosakarida seperti rafinosa, stakhios, agalakto-oligosakarida, frukto-oligosakarida, frukto-oligosakarida, inulin, serta beberapa jenis peptida dari protein yang tidak dapat dicerna, sehingga mencapai usus. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan tauco, kaya akan prebiotik. Prebiotik juga dapat diperoleh dari akar tanaman Chichorium intybus, gandum utuh, bawang bombay, bawang putih,dan pisang.


Yuk makan yang baik untuk kesehatan kita

4 views0 comments

Recent Posts

See All