TIGA JAM KELILING JAKARTA DENGAN TAXI LIBERTY

Updated: May 6, 2021


Dear all my friend, Cuma mau sharing mengenai pengalaman selama tiga jam keliling Jakarta dengan Taxi Liberty (yang warnanya item ama putih) dengan kode mobil LB 181 dengan pisau di pinggang kanan dan kiri ^^v (cool ye… hehehe, kayak di buser, patroli aja)


Kronologinya :

Rabu tanggal 4 Agustus 2004, Tiek pulang dari kantor mau pergi ke Senayan sekitar jam 17.15. Tiek stop taxi didepan Wisma Metropolitan, waktu itu kebetulan ada taxi liberty lewat dan tiek dan temen langsung aja berhentiin karena lagi diuber ama waktu.


Setelah melewati Atmajaya, tiba-tiba sopirnya lurus ke arah plaza semanggi sehingga tiek langsung ngomong, pak saya mau ke senayan lho.. trus dia lsg bilang sama aja kok karena ini kan bisa keluar disamping polda.. yah udah terus kita masuk jalur cepat untuk muter dipatung api, ambil jalur kedua biar bisa muter ke hanglekir. Tapi dia salah jalur lagi sehingga puter balik kearah ratu plaza.


Temen tiek mau berhenti disana, tiba-tiba pintunya gak bisa dibuka terus sopirnya dengan santai ngomong gini, maaf itu central locknya rusak jd pintunya gak bisa dibuka dari dalam. Langsung saat itu juga tiek mikir, wah gak bener neh… tapi trus sopirnya bilang gini, ya udah mbak saya anter aja ke senayan karena tadi kan kesalahan saya. Saat itu tiek berpikir, ini sopir mau bertanggung jawab karena sudah melakukan kesalahan.. selama perjalanan tiek ajak dia ngobrol, trus lagi banyak taxi kena razaia ama polisi, trus tiek sempet bilang, polisi sekarang makin ketat aja pak.. mungkin mereka pada gak pake sabuk pengaman.. trus sopirnya jawab iya.. polisi sekarang ganas2..


Ya udah terus kita muter deh di pintu masuk century, trus…. Ke arah senayan, tau kan klo dikawasan itu jalanan sepiiii bgt, karena sejauh mata memandang tidak ada mobil ato orang lewat, tiba2 ada bunyi grodok2.. tiek kaget banget.. refleks langsung teriak.. ada apa pak?! Tunggu sebentar yah.. dia turun trus buka bagasi tiba2 pas tiek noleh udah ada dua orang keluar dari bagasi dan dua orang itu naek ke taxi, kepala preman bawa mobil, sopir tadi langsung bekep tiek diapit ama dua orang yang nodongin pisau keperut di kiri dan kanan ama mulut tiek disekap ama saputangan yang bau2 obat githu deh, spontan donk yah tiek langsung teriak meronta-ronta tapi gak ada yang denger.. tiek sebisa mungkin membela diri pake teriak2.. (pada tau kan klo suara ku tuh kenceng banget.. ternyata masih kurang kenceng juga boo) karena sangking berisiknya makanya langsung ditonjok.. tiba2 kok dimulut nyut2 yah.. agak asin2.. rupayanya berdarah.. ya udah diem..


Ternyata dibelakang masih ada mobil kompoltan mereka, dalam hati tiek langsung berdoa deh.. Tuhan Yesus tolong Tiek.. langsung inget aja ama Filipi 4:13 (baca sendiri ye..) terus dia langsung minta tiek melepaskan semua perhiasan, cincin, kalung, gelang, jam , anting trus bongkar tas tiek ambil semua uang yang ada, atm dan kartu kredit.. pena roting yang 350rb dari Ferry.. tapi gak pake langsung ngasih, pake acara gak rela dulu.. iya lah sapa juga yang rela diminta secara paksa, diminta baek2 aja gak gue kasih ;p


perjalanan tidak sesingkat itu karena tiek terus diputerin masuk ke arah gatot subroto, tiba-tiba jalanan macet dan kita berhenti persis disamping polisi.. eh tau juga tuh nekat muncul dari mana tiek gedor2 ke kaca jendela.. tapi gak kedengaran ama polisi, yang ada juga kena tonjok lagi.. trus dimarahin deh.. sayang harta ato nyawa.. iya nyawa lah yah.. ya udah deh, karena dipukul itu pake sakit makanya tiek mulai koorperatif..minta no hp.. kasih.. oh ya ada yang lucu.. dia pake marah loh gara2 hp tiek kan gak ada kameranya ;O kok pake hp murahan seh?! Ya maap2 pak yang pake kamera kan udeh gw sumbang ke tukang bunga di plaza senayan.. 3 bulan yang lalu.. dia maksa minta no pin atm bca.. tiek kasih karena waktu itu udah jam 19.15 capek tau 2 jam mana mereka kan dekil jadinya bau githu ^^ canda.


Setelah itu dia minta no pin seluruh kartu kredit, tiek bilang tiek lupa gak inget.. kalian tau kan pinnya susah banget buat diapal, lagian tiek gak pernah cash advanced tapi dia gak percaya tiek diputerin terus deh sampe ke lebak bulus masih sana lagi jujur neh, tiek juga gak tau udah nyampe mana yang jelas argo taxi sudah sampe 97ribu-an.. karena tiek tetap ngotot gak ngasih tau makanya dia telp ke call center Citibank dan BCA. Dia yang coba hubungi pake hp tiek, masukin no kartu setelah bicara dengan CSO (Customer Service Officer) dia gak dikasih karena untuk buka data2 harus orang yang bersangkutan, ya udah dia kasih ke tiek sebelum CSO ngomong tiek langsung ngomong ‘mbak untuk PIN memang gak bisa disampaikan secara lisan yah, harus dikirim ke alamat tagihan yah?!’ puji Tuhan CSOnya bilang iya.. Amin.. gak jadi jebol deh semua kartu kredit gw.. klo gak apes bener.. udah duit diambil masih menyisakan hutang pula ^^


udah githu temennya yang nyopir turun sementara tiek masih diajak keliling jakarta.. temennya yang ngambil uang di atm sementara tiek masih disandera, Cuma kali ini pisaunya Cuma di samping kanan.. setelah dia memastikan bahwa pin tiek bener dia masuk tol untuk pulangin tiek kembali ke arah grogol..


Pas dijalan sopirnya ngomong gini, non.. saya tau kalo kamu itu orang baek (dalam hati neh.. bener pak.. temen2 saya di friendster juga bilang githu, jangan2 tuh sopir pernah baca testi gw yah) tapi jadi oarang jangan terlalu baek, kenapa kamu tadi gak turun di ratu plaza aja.. trus tiek jawab.. karena saya percaya sama bapak. Eh malah dinasehatin, makanya jadi orang jangan terlalu percaya ama orang lain. Diluar sana banyak sekali orang jahat.. trus semua kartu kreditku dibalikin, oh thx GOD trus tiek masih liatin dompet tiba2 dia bilang ya udah ini saya kembalikan ke kamu.. AMIN Tiek liatin lagi dompet dr HP first, sapa tau dibalikin juga. Ternyata nggak.. ;( trus tiek diem aja, berdoa.. thx GOD gw gak diapa2in githu lho.. masih berdoa neh.. tiba2 aja sopirnya bilang ama temennya, ‘kasih uang 50rb ke adek tuh, biar dia bisa pulang kerumah dengan selamat’..


GOD IS GOOD.. pikir tiek puji Tuhan dapet perampok yang pake baek walaupun jahat.. akhirnya tiek diturunin ke Glodok, trus balik ke kost naek taxi lain, PRIMA JASA.. taxinya susah banget boo.. kali ini sebelum nyetop pake doa dulu.. untunglah bisa nyampe dengan selamat sampe bisa ketik kronologinya sehingga bisa dibaca oleh anda.. udah capek baca belom..


Kesimpulannya yah..

  1. Setiap kali mau naek taxi, pastiin pintu bisa dibuka kembali. Karena bisa aja child protecednya dipasang sehingga pintu gak bisa dibuka dari dalem

  2. Tiap kali naek taxi mungkin ada baiknya minta untuk bagasi belakang dibuka lbh dulu

  3. Next time, mungkin agak sedikit keliatan paranoid, ada baiknya kalian ketik sms ke temen, pacar, ato sapa lah no taxi, nama taxi dan nama sopirnya. Biar kenpa2 bisa gampang dilacak

  4. Hati2 dengan kata2mu.. ini memang salah tiek sih. Pas siang2 tiek bilang ama temen kantor, ini hari tanggal 4 bulan agustus di tahun 2004, kok banyak angka 4 yah.. jangan2 ada sial lagi.. Temen2.. inget kalo kata2mu itu mempunyai kuasa, makanya gunakan hanya untuk memuji Tuhan.. yang sial2 dibuang jauh2 aja deh.. oke!

  5. Tetap bersikap baik sama sopir taxi, sopan.. walaupun tiek kena sandera (wow, istilahnya gak kuku..) toh finalnya tiek masih mendapatkan kebaikan gak kayak yang di tipi2.. sehingga bisa pulang dan pake dimodalin lagee..

  6. Klo pas nelp ke CSO banking sebelum dia mulai ngomong kalian ngoceh dulu aja, drive CSO sehingga dia menyampaikan hal2 yang kita inginkan..

  7. Tetap tenang yah.. jangan sampe histeris apalagi nangis.. Untung kemaren gw kuat gak pake nangis..

  8. Berdoalah senantiasa karena Tuhan itu gak pernah diem aja kok.. yang jelas tiek banyak belajar deh dari kejadian ini..

Ternyata banyak temen2 yang perduli dan care ama tiek, jadi terharu..

“ Saat kamu dalam suka, teman-teman mu mengenal kamu, saat kamu dalam duka, kamu mengenal teman-teman mu “


Thanks for everything yah teman.. mudah2an sharing ini bermanfaat buat kalian semua.. Jadi ntar klo ketemu tiek gak pake nanya lagi yah.. capek euy jawabnya.. hehe ^^

Wish u luck all of my friends, Tiek oke

0 views0 comments

Recent Posts

See All