top of page

Lisan ke Tulisan: Menyelamatkan Cerita Rakyat Indonesia

SUMATERA

Aceh

  • Kisah Putra Mahkota Amat Mude

Sumatera Utara

  • Legenda Danau Toba Kisah tentang seorang pemuda bernama Toba yang menangkap seekor ikan besar. Ikan tersebut berubah menjadi wanita cantik dan mereka menikah dengan syarat Toba tidak boleh membuka rahasia asal-usulnya. Mereka memiliki seorang anak, yang bernama Samosir. Sayangnya Samosir menjadi anak yang malas. Suatu hari, dalam kemarahan, Toba tanpa sengaja menyebut anaknya sebagai "anak bidadari", Pelanggaran janji ini, mengakibatkan istrinya berubah kembali menjadi bidadari dan pergi. Kepergiannya menyebabkan bencana alam dan mengubah daerah tersebut menjadi danau besar. Sekarang dikenal sebagai Danau Toba, dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Sumatera Barat

  • Siti Nurbaya "Siti Nurbaya" adalah novel klasik Indonesia karya Marah Rusli yang pertama kali terbit pada tahun 1922 yang mencerminkan kondisi masyarakat Indonesia pada awal abad ke-20. Mengisahkan cinta tragis antara Siti Nurbaya dan Samsulbahri. Meskipun mereka saling mencintai, Siti Nurbaya terpaksa menikah dengan Datuk Maringgih, seorang pria tua yang kaya dan berpengaruh. Alasan ekonomi untuk melunasi hutang ayahnya yang jatuh sakit. Ini alasan mengapa penting sekali memilikii perencanaan keuangan yang baik. Kisah ini mencerminkan penindasan terhadap wanita dan kritik terhadap perjodohan paksa.

Sumatera Selatan

  • Raden Alit dan Dayang Bulan engisahkan Raden Alit yang mencari adiknya, Dayang Bulan, yang ia percaya diculik oleh makhluk halus setelah kematian mendadaknya. Raden Alit mengetahui bahwa Dayang Bulan diculik oleh Malim Hitam, raja jin, dan berangkat menyelamatkannya. Ia menyamar untuk masuk ke istana Malim Hitam, bertemu dan merencanakan pelarian dengan Dayang Bulan. Mereka berhasil melarikan diri dan mengalahkan Malim Hitam dengan bantuan Malim Putih dan Dayang Ayu. Cerita ini berakhir dengan kembalinya Raden Alit dan Dayang Bulan ke rumah mereka, mengajarkan tentang kegigihan, kekuatan cinta, dan kemenangan kebaikan atas kejahatan.


JAWA

DKI Jakarta

  • Si Pitung Berkat strategi dan pengabdiannya sepenuh hati, akhirnya si Pitung berhasil melawan kolonial Belanda. Perjuangan ini dilakukan untuk memastikan seluruh warga hidup merdeka, terlepas dari kemiskinan.

DI Yogyakarta

  • Legenda Roro Jonggrang Roro Jonggrang adalah sosok wanita cantik dan cerdas yang mampu memegang kendali Bandung Bondowoso.

Jawa Tengah

  • Timun Mas

Jawa Timur

  • Reog Ponorogo - Kediri Raja Kelana dan Raja Singabarong mengerahkan kekuatan maksimal dalam pertarungan demi mempersunting Dewi Sanggalangit. Lewat pecut saktinya, Raja Kelana berhasil mencambuk Raja Singabarong dan burung merak peliharaannya menyatukannya menjadi hewan berkepala dua. Inilah asal dari Reog Ponorogo.


KALIMANTAN

Kalimantan Timur

  • Raja-raja Suku Tunjung Kisah Puncan Karna memenangkan sayembara raja karena memiliki strategi yang baik.

  • Asal usul Kota Balikpapan Sebuah kejadian tidak terduga, kapal perahu Panglima Sendong yang membawa upeti terhempas badai dan karam disebuah teluk yang sekarang dikenal sebagai Balikpapan.

SULAWESI

Sulawesi Utara

  • Singarlaki dan Limbat

Sulawesi Selatan

  • Lengenda Penakluk Rajawali Warga desa beramai-ramai membantu sang Raja agar putrinya tidak dimakan rajawali. Akhirnya ada pemuda pemberani yang berhasil mengalahkan rajawali.


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page