Logo Perusahaan

Updated: May 6, 2021



Brand dan Logo adalah wajah perusahaan.


Ada 6 tips untuk dipertimbangkan dalam pembuatan logo :

  1. Mudah diucapkan.

  2. Unik, berbeda dengan Brand lain.

  3. Memiliki makna positif.

  4. Singkat, padat, jelas = tidak terlalu panjang.

  5. Tidak hanya memakai jenis produk/ nama domain SEO

  6. Bisa didaftarkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI)

Ini ada beberapa contoh brand yang pas aku sadar, wuiiidiiiih keren bener maknanya


FEDEX

Kalian tau nda apa yang menarik pada logo FedEx? jujur ajah.. klo nda tau juga nda papa kok.. beneran suer pake angka dua 🙂 karena demikian aku waktu itu.. setelah dikasih clue sana sini baru nyadar juga.. apakah kalian biss menemukan lambang tanda panah? yuuup.. disana.. dimana yoo.. hahaha.. jadi maknanya adalah sebagai perusahaan logistic mereka memiliki makna forward to others. Jadi udah nemu apa belum? Perhatikan baik-baik yah, ada diantara huruf E dan x.


CARREFOUR

Carrefour logo

Samaan dengan logo Carrefour ini. Udah paham klo hypermart ini asalnya dari France - Perancis karena namanya unique kan. Secara itu bukan carefour - perhatian empat kali? (maap Gaes! joking). Salah satu penandanya adalah dengan pemilihan warna merah, putih dan biru, walaupun secara urutan beda yah kan.. Komposisi ini adalah warna dasar bendera Perancis. Nah balik lagi ke logo, menurut kalian ini gambarnya apaan sih? Jadi aku nyadarnya ini tuh pas lagi belanja, zaman dulu mah dikasih kantong plastik, Gratis, malahan bisa minta lebih. NOW kan Save earth yah kan.


Temen aku, Mbak Tini Ester Palar, legendnya MII ini tu,bilang gini, Tini : Keren bener yah Tiek, logo Carrefour ini, kepikiran aja yang buat.

Tiek : Apa yah, liat bentuknya gak jelas gitu, tanda panah biru dengan lengkungan2.

Tini : coba deh kamu perhatiin dengan bener, logo ini bagus sekali…

Tiek : aku masih berpikir dan terus membayangkan… buat kalian tau saja yah.. bahwa aku sangat tidak pandai dalam membayangkan sesuatu, biasanya yang kejadian aku akan membayangkan yang tidak2 🙂 dikarenakan daya khayalku rendah.. setelah lama, aku tetap tak dapat membayangkannya… *dug2*

Tini : Ngerti kalo menunggu gak ada harapannya, mbak Tini menjawab sendiri. "Memang butuh keahlian khusus yah. Coba perhatikan area putih diantara warna merah dan biru, kamu akan bisa menemukan huruf C"


Aku yang langsung mikir, what, C, mana C - jujur aku nda nyadar sama sekali puuun, sampe dikasih tau, lalu kulihat lagi, langsung teriak, "OH IYA ADA HURUF C"


Ku ditatap olehnya karena tampaknya suara aku kekencengan. Pliz behave!

Abis aku kan antusias yah, beneran loh, abis tuh selalu liatnya sekarang dari prespektif yang berbeda. Kalian udah nemu belum? itu yah logonya sebenernya belah ketupat, jadi warna putih itu akan membentuk huruf C. Keren sekali yah.


Sejak saat itu setiap kali liat carrefour saya pasti akan dengan semangat nanya orang lain karena saya dengan sangat sombong dan bangga memberitahu bila mereka tidak tahu.. *saya norak sekali*


CITIBANK

Selain ini yang menurut aku keren banget juga logo citibank.

Citibank, berdiri pada Juni 1812 City Bank of New York, beroperasi di lebih dari 160 negara di dunia. Pada tahun 1998, terjadi merger Citibank dan Travelers insurance group. Citibank membuat logo baru yang baru dan digunakan hingga saat ini. Logo ini didesign oleh Paula Scher of Pentagram pada tahun 1998, konon sketsa logo ini dibuat menggunakan napkin (paham kalian kan, itu naaah, yang biasa ada di kafe dan resto, semacam tissue tapi yang lebar dan tebelan dikit). Huruf t memiliki makna sebagai payung dan perlindungan proteksi dana keuangan bagi para nasabah yang umumnya sering melakukan perjalanan internasional dan lengkung merah mengambarkan akusisi dan merger menjadi satu kesatuan.


MII

Aku kan kerjanya di MII, PT Mitra Intergrasi Informatika, member of METRODATA Group. Namanya adalah harapan agar bersama pelanggan, MII dapat menjadi mitra, partner kerja untuk melakukan Integrasi, menyatukan dan menyempurnakan kebutuhan Informatika (IT) mereka. Beuh mantap kali kan. Logonya mirip orang berjabatan tangan juga kan. Tapi ini kata aku yah! Kalau bagus kan doa yah kak. Let me check it out lah yah.. Ntar kita kabar-kabari.


Beuuuh! itu lah kenapa kalo nyari logo harus niat dan bener! Paham kalian yah..

Kalau perusahaan kamu, arti dan makna logonya apaan? Coba ceritakan kak.

Share juga kak, logo atau brand apa yang menurut kalian keceh, badai. Yuk, kita belajar supaya makin cerdas dan pintar.


Terima kasih, thank you very much yah.



14 views0 comments

Recent Posts

See All